Makna Brand Desigual sebagai Representasi Fashion di Kalangan Kaum Sosialita

Main Author: Nurzahrina, Lintang Rizki
Format: Thesis
Terbitan: Fakultas Komunikasi (UNISBA) , 2016
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/3114
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna brand Desigual dikalangan kaum sosialita Lovely Mom sebagai representasi fashion. Adapun fokus penelitian ini yaitu : (1) Persepsi kaum sosialita dalam memaknai brand Desigual sebagai representasi fashion (2) Motif kaum sosialita dalam memaknai brand Desigual sebagai representasi fashion (3) Pengalaman kaum sosialita dalam menggunakan brand Desigual sebagai representasi fashion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Schutz.Sumber data diambil melalui wawancara dengan tiga key informan, observasi partisipan, data online dan kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Teori fenomenologi (Schutz) dan konseptual mengenai persepsi interpersonal, dan brand merupakan pendukung dalam penelitian ini untuk mengungkap fokus dan pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan persepsi kaum sosialita dalam memaknai brand Desigual, yaitu corak dan warna yang unik, pembentukan konsep diri, pembentukan karakteristik, dan fashionable. Ditemukan motif ???untuk??? (in-orderto motives) yaitu percaya diri, pusat perhatian, tampil unik dan berbeda. Pada motif ???karena??? (because motive), yaitu melihat orang lain menggunakan, nyaman dan ekslusif. Pengalaman kaum sosilialita dalam menggunakan brand Desigual, yaitu mengenal brand Desigual dari 3-7 tahun, pengaruh profesi, pengalaman unik membeli brand Desigual, mengikuti perkembangan di negara lain, juga melalui media sosial instagram, web dan catalog brand Desigual.
  • Dr.Nurahmanwati ,Dra.,M.Si