Promosi Kuliner Bandung Melalui Instagram @Dunia_Kulinerbdg

Main Author: Hanindya, Rashinta
Format: Thesis
Terbitan: Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA) , 2016
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/3064
Daftar Isi:
  • Memasuki era digital ini promosi melalui internet memang telah dilakukan oleh banyak pengusaha bahkan perusahaan, melihat mayoritas masyarakat sekarang adalah pengguna internet aktif. Kemajuan teknologi juga telah mendorong manusia lebih kreatif dalam memanfaatkannya. Fenomena tersebut muncul bersamaan dengan kesadaran akan begitu kayanya kuliner Bandung, dan memunculkan ide untuk mengunggah foto-foto kuliner asal Bandung dalam sebuah akun instagram khusus dengan tujuan memperkenalkan serta mempromosikan kuliner Bandung. Akun instagram @dunia_kulinerbdg merupakan salah satu akun instagram yang khusus membahas serta mempromosikan kuliner Bandung, telah dibuat sejak akhir tahun 2013 namun baru digarap serius sejak Maret 2014 hingga sekarang. Pamornya cukup tinggi jika dibandingkan akun instagram kuliner lain yang seumuran dengannya, yang ditunjukkan dengan banyaknya followers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses promosi yang dilakukan akun instagram @dunia_kulinerbdg, bentuk kerjasama yang dilakukan dengan para pengusaha kuliner, serta mengapa menjadikan instagram media promosi. Hal-hal tersebut akan diteliti dan dianalisis melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap founder dari akun instagram @dunia_kulinerbdg, observasi terhadap kegiatankegiatan yang dilakukan oleh founder atau pengelola akun instagram @dunia_kulinerbdg, serta dilengkapi dengan dokumen track record akun instagram @dunia_kulinerbdg sejak Maret 2014 hingga sekarang, dan studi kepustakaan. Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kekayaan media (media richness theory). Hasil penelitian yang didapat bahwa dunia kuliner Bandung melakukan promosi dengan melewati beberapa tahap yaitu pemilihan media, menciptakan daya tarik melalui foto, memperhatikan frekuensi kegiatan, memperhatikan isi pesan, serta memperhatikan respon yang masuk. Terdapat dua jenis kerjasama promosi antara dunia kuliner Bandung dengan pengusaha kuliner terkait, yaitu paid promote dan free promote. Media yang dipilih dunia kuliner Bandung yaitu instagram karena dinilai sebagai media yang bagus untuk melakukan publikasi dan promosi melalui gambar/foto.
  • Dr.O.Hasbiansyah,Drs.,M.Si