Komodifikasi Kemiskinan Dalam Acara Televisi Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara ???Orang Pinggiran??? yang Ditayangkan di Trans 7

Main Author: Nisa, Anis Haifa K
Format: Thesis
Terbitan: Falkultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) , 2015
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/248
Daftar Isi:
  • Komodifikasi bagi Mosco digambarkan sebagai transformasi nilai guna menjadi nilai tukar, dimana hal yang pada dasarnya tidak bernilai jual ditransformasikan menjadi suatu komoditas yang bisa dijual. Dalam hal ini, kemiskinan yang sering kita saksikan disekitar dijadikan produk media, dan menjadi tontonan populer yang berhasil menarik perhatian, penonton ataupun pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi kemiskinan yang terjadi dalam acara ???Orang Pinggiran???. Dengan model analisis John Fiske, penelitian berfokus pada tiga level, yaitu level realitas, representasi dan ideologi. Dalam level realitas, tanda-tanda kemiskinan ditampilkan jelas dalam acara ini, diantaranya pakaian tokoh utama yang terlihat lusuh, ekspresi kesedihan,rumah yang sudah tak layak dll. Dalam level representasi, teknik-teknik editing mampu membuat tayangan ini menjadi lebih dramatis dan mengharukan. Pada level ideologi, terlihat jelas bahwa ideologi kapitalis sangat erat hubungannya dengan acara ini. Kemiskinan dilihat sebagai komoditas yang bernilai tinggi. Karakteristik khalayak penonton yang cenderung menerima apa adanya tanpa melihat apa yang terjadi di belakang teks, dimanfaatkan oleh para kapitalis dengan merancang suatu produk yang berpotensi meraih keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya.
  • Askurifai Baksin, Drs., M.Si.)