LAPORAN PENGABDIANKEPADAMASYARAKAT ( PPI) LASKAR IQRA: MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN METODE 3A (AJARlN AKU AL-QURAN) BAGI MAHASISWA UNISBA
Main Authors: | Tandika, Dikdik, Adwiyah, Rabiatul, Alhamuddin, Alhamuddin, Fatwa R.S.H, Fahmi, Wafy, Maulan Riratul, Rifan, Muhammad, Rizani T.M., Ghesani Kamalia Rizani |
---|---|
Format: | Research |
Terbitan: |
LEMBAGA PENELmAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://hdl.handle.net/123456789/18570 |
Daftar Isi:
- Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran alQur'an yang krcatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan membaca alQur'an mahasiswa. Metode ini menggunakan media permainan puzzle, balok iqra', dan monopoli, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengenal hurufhuruf al-Qur'an dengan baik dan benar, Pemberdayaan ini menggunakan pendekatan research and development. Uji coba dilakukan pada mahasiswa dari setiap fakultas di Unisba, yaitu sebanyak 50 orang. Pemilihan sampel didasarkan pada kelompok dan kemampuan membca al-Qur'an mahasiswa. Terutama mahasiswa yang tergolong pada kelompok D. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran 3A untuk kelompok dasar yang belum mengenal huruf al-Qur'an dengan baik dan benar memiliki pengaruh yang signifikan untuk membantu mengenal huruf-huruf hijaiyyah dengan mudah. Proses pembelajaran dirancang secara aktif, kreatif.efektif, inovatif, dan menyenangkan berbasis student centered. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti memberikan saran untuk dilakukan penelitian lanjutan sebagai pengembangan dan perbaikan desain pembelajaran al-Qur'an rrielalui media 3A ini.