Analisis Strategi Marketing Menurut Philip Kotler Dan Muhammad Syakir Sula Terhadap Diferensiasi Produk Pada Superqurban Di Rumah Zakat (Rz) Cabang Turangga Bandung
Main Author: | Bari, Ikmal Fathul |
---|---|
Format: | Article |
Terbitan: |
Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://hdl.handle.net/123456789/12121 |
Daftar Isi:
- Strategi marketing memiliki peran penting dalam suatu perusahaan ketika menjalankan bisnis. Dua tokoh ahli strategi marketing yaitu Philip Kotler dan Muhammad Syakir Sula memiliki pandangan tentang strategi marketing. Salah satu lembaga yang menjalankan strategi marketing yaitu Rumah Zakat. Rumah Zakat merumuskan suatu produk superqurban sebagai bentuk tindakan diferensiasi dalam strategi marketing. Produk superqurban adalah program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet (kornetisasi). Upaya diferensiasi produk dalam pengelolaan qurban berhasil terealisasi dengan munculnya produk Superqurban sebagai produk andalan Rumah Zakat (RZ) sampai saat ini. Berdasarkan latar belakang masalah dan tujuan penelitiannya adalah, 1) Strategi marketing menurut Philip Kotler dan Muhammad Syakir Sula. 2) Pelaksanaan diferensiasi produk pada Superqurban di Rumah Zakat (RZ) Cabang Turangga Bandung. 3) Analisis strategi marketing menurut Philip Kotler dan Muhammad Syakir Sula terhadap diferensiasi produk pada Superqurban di Rumah Zakat (RZ) Cabang Turangga Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan sumber data antara lain data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan serta teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi marketing menurut Philip Kotler adalah logika pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dengan harapan agar unit bisnis dapat mencapai tujuan perusahaan. Menurut Muhammad Syakir Sula adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsipprinsip dalam Islam. Pelaksanaan diferensiasi produk superqurban tersebut antara lain dengan meluncurkan produk pengemasan daging ibadah qurban menjadi kornet dalam kemasan kaleng. Strategi marketing menurut Philip Kotler dan Muhammad Syakir Sula terhadap diferensiasi produk Superquban di Rumah Zakat (RZ) Cabang Turangga Bandung, sejalan dengan pandangan diferensiasi produk Philip Kotler. Adapun tambahan dalam strategi marketing menurut Muhammad Syakir Sula, diferensiasi produk yang dilakukan oleh Rumah Zakat (RZ) merupakan bentuk nyata dari penawaran inovasi baru dalam segi pengolahan qurban yang insyaallah sesuai dengan syariah.