NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM CARITA PANTUN MUNDINGLAYA DI KUSUMAH: KAJIAN STRUKTURAL-SEMIOTIK DAN ETNOPEDAGOGI (THE VALUES OF NATION CHARACTER EDUCATION IN PANTUN MUNDINGLAYA DI KUSUMAH: AN ANALYSIS OF STRUCTURE-SEMIOTICS AND ETHNOPEDAGOGY)

Main Author: Koswara, Dedi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Bahasa Jawa Barat , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/92
http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/92/74
Daftar Isi:
  • Di dalam khazanah sastra Sunda klasik terdapat sebuah cerita rakyat yang amat populer dan bernilai mitis-religio-magis bagi masyarakat Sunda masa lalu, yaitu Carita Pantun Mundinglaya di Kusumah (CPMK). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) bagaimanakah struktur formal puisi naratif sastra lisan CPMK? (2) bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang dikemas dalam teks CPMK? Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dengan metode struktural. Berdasarkan hasil penerapan pendekatan sastra, diperoleh beberapa temuan, yaitu sebagai berikut. (1) Di dalam sastra lisan CPMK terdapat 8 formula, 13 fungsi cerita, dan 7 lingkungan tindakan. (2) Hadirnya teks (cerita) yang dikemas dalam sastra lisan CPMK secara semiotik dan etnopedagogi patut dimaknai sebagai adanya suatu perlambang kehidupan manusia yang tersembunyi di balik rangkaian peristiwa yang dialami para tokoh. CPMK mengisyaratkan makna tentang perjalanan hidup manusia. Hidup adalah perjuangan. Jalan menuju kemuliaan akan selalu dihadang oleh berbagai cobaan dan ujian. Hanya pribadi-pribadi yang tangguh yang akan mampu mengatasi cobaan dan ujian sehingga mencapai martabat terpuji. Ungkapan terakhir ini adalah salah satu konsep dari nilai-nilai pendidikan karakter bangsa (etnopedagogi).Abstract:In the classic Sundanese literary work there is a kind of popular folktale containing magical religious myth for Sundanese society in the past called Carita Pantun Mundinglaya Di Kusuma (CPMK). The study aims at answering the research questions: (1) what are the formal sructure of CPMK oral literary narrative poetry? (2) what are the values of nation character education in CPMK text? The present study applies objective approach with structural method. Based on the application of literary approach, the findings are as follows. (1) in the CPMK orality there are 8 formulas, 13 narrative func- tions, and 7 settings. (2) The presence of CPMK oral literature semiotically and ethnopedagogically should be meant as a symbol of human life behind a series of events happening to the characters. CPMK contains meaning of the course of human life. Life is struggle. The path to dignity will always deal with obstacles. Only strong individuals are able to deal with them in order to achieve a glorious dignity.This statement is one of the concepts of the values of nation character education in CPMK story.