PENERAPAN MODEL BENGKEL SASTRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS SASTRA

Main Author: Abidin, Yunus
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Bahasa Jawa Barat , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/610
http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/610/384
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran yang merupakan inti dari proses pendidikan, harus dilakukan dengan menitikberatkan pada pengembangan potensi yang dimiliki mahasiswa sehingga mahasiswa memperoleh bekal guna menghadapi kehidupan di masyarakat. Hakikat pengajaran sastra ialah memperkenalkan kepada mahasiswa nilai-nilai yang dikandung karya sastra dan mengajak mahasiswa ikut menghayati pengalaman-pengalaman yang disajikan. Terkait dengan permasalahan tersebut, proses perkuliahan sastra selayaknya menerapkan model baru yang menekankan aspek berolah sastra bagi mahasiswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan pengajar dan mahasiswa dengan karya sastra adalah model pembelajaran bengkel sastra.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, khususnya studi kasus. Salah satu model studi kasus dibidang pendidikan yang secara praktis dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model penelitian tindakan kelas. Sejalan dengan uraian tersebut, penelitian ini akan mencoba menerapkan model bengkel sastra dalam pembelajaran menulis sastra. Oleh sebab itu, penelitian ini pada dasarnya akan mencoba menguji hipotesis tindakan bahwa “penerapan model bengkel sastra dalam pembelajaran menulis sastra akan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya sastra”Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa model bengkel sastra dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis sastra. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan siswa menulis puisi, prosa, dan naskah drama. Oleh sebab itu, hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti yakni bahwa penerapan model bengkel sastra dalam pembelajaran menulis sastra mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya sastra.