HUBUNGAN ANTARA RESPONSE TIME PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD Dr. TJITROWARDOJO PURWOREJO
Main Author: | WIBOWO, SETYO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.almaata.ac.id/1880/1/ABSTRAK%20BAB1%20DAPUS.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1880/2/NASPUB.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1880/ http://almaata.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Gawat darurat merupakan keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan selanjutnya. Kecepatan dan ketepatan pertolongan yang diberikan pada pasien di IGD memerlukan standar yang sesuai kompetensi dan kemampuan sehingga dapat menjamin penanganan kegawatdaruratan dengan response time yang sesuai dengan standar pelayanan IGD. Tujuan: Mengetahui hubungan antara response time pelayanan IGD dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan rancangan penelitian korelasional dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD dr.Tjitrowardojo Purworejo. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Besar sampel dalam penelitian ini yaitu 293 responden. Hasil: Berdasarkan hasil cross tabulation dan uji chi square antara response time pelayanan IGD dengan kepuasan pasien didapatkan nilai p = 0,000 (p< 0, 05), artinya ada hubungan antara response time pelayanan IGD dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Kesimpulan : Ada hubungan antara response time pelayanan IGD dengan kepuasan pasien. Kata kunci: Gawat darurat, Kepuasan pasien, Response time