HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN NYERPUNGGUNG BAWAH PADA SISWA SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

Main Author: SEPTIYANI, NURLAILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1860/1/ABSTRAK_BAB1_DAPUS.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1860/2/NURLAILA%20SEPTIYANI%20%28130100382%29%20NASKAH%20PUBLIKASI%20FIX.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1860/
http://almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Perilaku bermain game online remaja dimulai dengan rasa ingin tahu dan pergaulan dari teman-temannya. Mereka membuat permainan game online sebagai media rekreasi bagi remaja. Adapun dampak negatif yang akibat kecanduan game online terjadi pada kesehatan fisik dan psikososial. Seseorang dengan kecanduan game online cenderung berada di depan komputer selama berjam-jam dengan posisi duduk bisa mengakibatkan nyeri punggung bawah. Salah satunya faktor nyeri punggung bawah yaitu duduk lama dan posisi duduk tidak sesuai. Tujuan : Mengetahui hubungan intensitas penggunaan game online dengan nyeri punggung bawah pada SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Yogyakarta Metode penelitian : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, teknik sempling yang digunakan proportionate stratified sampel, dengan jumlah sampel 158 siswa-siswi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner game online dan nyeri punggung bawah. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 17 tahun sebanyak 66 siswa-siswi (41,8%), laki-laki dan perempuan memiliki persentase yang sama yaitu (50%). Sebagian siswa-siswi memiliki intensitas penggunaan game online sedang dengan siswa-siswi 84 (53,2%), dan untuk nyeri punggung bawah 76 siswa-siswi (48,1). Penelitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan game online dengan nyeri punggung bawah di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Yogyakarta dengan nilai p value = 0,000, dengan keeratan hubungan (0,519) Kata kunci : Game online, Nyeri punggung bawah, Remaja