HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KELELAHAN MATA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SEDAYU YOGYAKARTA TAHUN 2017

Main Author: ERMAWATI, ERMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1778/1/ERMAWATI%20ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1778/2/naskah%20publikasi.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1778/
http://almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Game online yang dimainkan secara terus menerus mengakibatkan kelelahan mata. Masalah ini terjadi pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sedayu Yogyakarta. Kelelahan mata terjadi ketika siswa memainkan game online secara berulang-ulang. Faktor utama penyebab kelelahan mata adalah pengaruh radiasi layar monitor. Tujuan : Mengetahui hubungan intensitas pengunaan game online dengan kelelahan mata pada siswa di SMA N 1 Sedayu Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified. Sampel dalam penelitian ini adalah 158 siswa. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden berusia 17 tahun sebanyak 66 responden (41,8 %), responden terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak 79 responden (50%), sebagian responden memiliki intensitas penggunaan game online sedang sebanyak 84 responden (53,2%) dan mengalami kelelahan mata sebanyak 95 responden (60,1%). Penelitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan game online dengan kelelahan mata di SMA Negeri 1 Sedayu Yogyakarta dengan nilai p value=0,000. Kata Kunci : Game online, Kelelahan mata, Remaja