PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BILANGAN BULAT PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUH 1 SLEMAN

Main Author: PRANOWO, EKO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1760/1/ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1760/
http://almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif STAD pada konsep bilangan bulat yaitu tentang konsep pengukuran bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman tahun pembelajaran 2014/2015. 2)Mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah konsep bilangan bulat yaitu tentang konsep pengukuran bilangan bulat pada murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman tahun pembelajaran 2014/2015 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman, dengan banyak siswa 17 yang terdiri 8 siswa laki laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Bahan ajar meliputi buku paket, lembar kerja siswa, alat peraga.Data diperoleh dari tes hasil belajar dianalisis dengan tekhnik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika sebanyak 73% siswa mencapai nilai 70 pada kompetensi yang terkait. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan koperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman. Pada siklus I, presentase siswa yang memiliki nilai tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari 70 sebesar 58, 5%, sedangkan pada siklus II presentase yang diperoleh sebesar 100%. Berdasarkan persentase di atas, kemampuan pemecahan masalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman mengalami peningkatan. Nilai rata - rata tes siklus I adalah 53,24 dan siklus II adalah 87,35. Berdasarkan hasil postest ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Sleman.