PERAN PESANTREN AR-RAUDHAH TURI SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI

Main Author: KHASANAH, USWATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1735/1/SKRIPSI%20USWATUN%20KHASANAH%20PAI%202013.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1735/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Yogyakarta, 2017. Penelitian ini membahas mengenai peran pondok pesantren dalam pembinaan akhlak santri dengan mengambil latar pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta. Dengan demikian dilihat dari segi jenisnya penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field receach) dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Sementara itu, dilihat dari sifatnya penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni jenis data yang dikumpulkan bukan berupa data berupa angka-angka, dan karena analisisnya adalah non-statistik. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah (1) kiai (ustadz dan ustadzah) pesantren Ar-Raudhah, (2) pengurus putra-putri pesantren ArRaudhah, (3) santri pesantren Ar-Raudhah, (4) masyarakat sekitar pesantren Ar-Raudhah. Adapun yang menjadi objek penelitian dalam penelitian ini yaitu peran pesantren Ar-Raudhah dalam pembinaan akhlak santri, metodemetode dalam pembinaan akhlak santri, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis Model Miler and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Dalam menganalisis data juga menggunakan triangulasi untuk membandingkan, memeriksa, mengecek data. Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam membina akhlak santri, pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta adalah sebagai lembaga pendidikan akhlak santri, fasilitator akhlak santri, pembimbing akhlak santri, korektor akhlak santri, dan sebagai motivator akhlak santri. Metode yang digunakan pesantren Ar-Raudhah dalam pembinaan akhlak santri dengan metode kasih sayang, metode keteladanan (uswah khasanah), metode nasihat dan mau‟idhoh, pembiasaan dan metode kedisiplinan. Dalam pelaksanaan pembinaan akhlak kepada santri di pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta terdapat beberapa hal yang menjadi faktor pendukung yaitu letak pesantren yang strategis, adanya lingkungan yang konduksif, serta terdapat fasilitas yang memadai bagi santri. selain itu, juga terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu adanya pengaruh dari luar, latar belakang santri dengan permasalahan sosial, kurangnya komunikasi dengan wali santri, dan kurangnya pendamping santri (ustadz dan ustadzah).