PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB HIDAYATUS SHIBYAN TERHADAP PEMAHAMAN TAJWID SANTRI KELAS 1 MADRASAH DINIYAH DI PESANTREN AR-RAUDHAH TURI SLEMAN YOGYAKARTA
Main Author: | MUSLIMAH, UMI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.almaata.ac.id/1734/1/ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1734/2/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1734/ http://elibrary.almaata.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan terhadap pemahaman tajwid santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan desain penelitian ini menggunakan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta yaitu 39 santri. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X (Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan kelas 1 madrasah diniyah Pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta) dan variabel Y (Pemahaman Tajwid santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pesantren Ar-Raudhah Turi Sleman Yogyakarta). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk memperoleh data X dan nilai hasil tes membaca Al-Qur‟an untuk memperoleh data Y serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan terhadap pemahaman tajwid santri dalam kategori rendah. Hasil tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan koefisien korelasi, dimana terdapat pengaruh yang signifikan rxy sebesar 0,354 pada taraf signifikan 5% dengan populasi sebanyak 39 santri. Nilai r hitung > dari nilai r tabel yaitu 0,354 > 0,316 pada taraf signifikan 5% dengan kategori rendah. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Hidayatsu Shibyan. Pemahaman Tajwid.