PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PELAYANAN DI BANK SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

Main Author: SEPTA PRASETIA, YUSI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1695/1/YUSI%20SEPTA%20PRASETIA%20ABSTRAK%20BAB1%20DAPUS.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1695/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Bank Syariah BDS merupakan salah satu lembaga yang berfungsi sebagai lembaga perantara (Intermediary Institution) keuangan, Bank Syariah BDS menyalurkan dana pihak ketiga kepada masyarakat. Diantaranya adalah pembiayaan mudharabah, musyarakah dan ijarah. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pengetahuan masyarakat tentang produk bank syariah dan pelayanan yang diberikan pada nasabah merupakan faktor yang dijadikan pertimbangan oleh masyarakat untuk mengajukkan pembiayaan maupun dalam menyimpan dana masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengetahuan nasabah tentang produk bank syariah BDS dan pelayanan yang diberikan bank syariah mempengaruhi keputusan nasabah untuk menjadi nasabah bank syariah BDS. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch) dengan metode pengumpulan data dokumentasi, karena data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari angket yang diisi langsung oleh nasabah Bank Syariah BDS. Jumlah sampel nasabah yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 135 nasabah Bank Syariah BDS yang diambil dengan metode sampling insidental, baik itu nasabah funding maupun nasabah lending. Yang kemudian dari data tersebut diolah dengan alat analisis regresi linier berganda yang pengujiannya menggunakan uji T dan uji F dengan bantuan SPSS 17 for windows. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa pengetahuan produk basanah tentang produk bank syariah tidak berpengaruh dalam keputusan menjadi nasabah sedangkan pelayanan yang diberikan pihak bank mampu mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan menjadi nasabah. Pada uji F menunjukkan bahwa variabel independen syariah berpengaruh signifikan, sedangkan pelayanan, terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel independen (pengetahuan produk dan pelayanan) terhadap keputusan menjadi nasabah. Adapun koefisien determinasi R2 = 0,205 yang berarti 20,5 % dari variasi variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan 79,5 % lainnya dijelaskan oleh variasi variabel lain di luar penelitian ini.