IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | SHOLEHAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.almaata.ac.id/1609/1/ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1609/ http://elibrary.almaata.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap MI Nurul Ulum Kretek Bantul sebagai salah satu madrasah yang menerapkan kurikulum menurut sistem pendidikan nasional yang di integrasikan dengan kurikulum berbasis pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi kurikulum di MI Nurul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: manajemen kurikulum berbasis pesantren di MI Nurul Ulum Kretek Bantul adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan manajemen kurikulum berbasis pesantren sudah berjalan sesuai yang telah direncanakan seperti persiapan mengajar dan program sekolah lainnya, perencanan dilakukan pada tahun ajaran baru yang melibatkan kepala sekolah, guru, ketua yayasan dan benerapa komite. 2. Pelaksanaan manajemen kurikulum di MI Nurul Ulum di bedakan menjadi dua tingkatan yaitu tingkat sekolah yang berada dibawah pimpinan kepala sekolah dan kurikulum tingkat kelas yang berada di bawah pimpinan guru. 3. Pengawasan manajemen kurikulum dilaksanakan pada saat berlangsungnya kegiatan pelaksanaan kurikulum dengan menggunakan metode observasi kelas dan musyawarah. 4. Evaluasi manajemen kurikulum dilaksanakan tidak hanya sekali dalam setahun akan tetapi setiap ada kendala sehingga kendala yang ada tidak menumpuk. Kata kunci: Manajemen, kurikulum berbasis pesantren.