ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU (Studi Komparatif antara Buku Tematik Kelas IV Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Terbitan Erlangga)
Main Author: | ABDULLAH, SALMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.almaata.ac.id/1603/1/ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1603/ http://elibrary.almaata.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan nilai karakter yang terdapat pada buku tematik siswa kelas IV tema 7 (Indahnya Keragamn di Negeriku) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan terbitan Erlangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka dan komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku tematik siswa kelas IV tema 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku) terbitan Kementerian Pendidikan dengan Kebudayaan dan terbitan Erlangga terdapat nilai pendidikan karakter religius, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kesantunan, kepedulian, percaya diri, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, dan gemar membaca. akan tetapi penyebaran karakter dari kedua buku tersebut kurang merata. Sedangkan Perbedaan dari kedua buku tersebut adalah buku tematik siswa kelas IV tema 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan didominasi karakter bersahabat/komunikatif. Sedangkan buku tematik siswa kelas IV tema 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku) terbitan Erlangga didominasi karakter mandiri.. Kata kunci: Pendidikan karakter, buku tematik, Kemendikbud Erlangga