HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DOWN SYNDROME DI SLB-C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN

Main Author: REVINA, MAGESTI SELA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1503/1/Abstrak_Bab%20I_Dapus.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1503/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Anak dengan down syndrome sangat membutuhkan dukungan keluarga untuk mencegah perkembangan perilaku yang buruk. Dukungan keluarga yang bersifat positif akan mendorong anak lebih mandiri, melatih untuk berinisiatif, lebih bertanggung jawab dan berprestasi baik dalam bidang akademis maupun nonakademis. Jumlah penderita down syndrome dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang setiap tahunnya terlahir sekitar 3.000-5.000 anak. Dukungan keluarga pada penderita down sydrome sangat berpengaruh pada prestasi belajar anak. Dukungan yang bersifat positif akan mendorong anak untuk lebih mandiri, berinisiatif, bertanggung jawab, dan berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis. Tujuan Penelitian:Untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak down syndrome. Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional dan menggunakan metode total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi sebanyak 32 siswa dengan jumlah 20 laki-laki dan 12 wanita. Uji statistik yang digunakan yaitu Spearman rank Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Prestasi Belajar, Down Syndrome.