IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL

Main Author: FAUZI, NURAHMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1409/1/BAB%20I.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1409/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1409/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1409/4/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1409/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana implementasi kurikulum 2013 sehingga mampu membentuk karakter siswa. populasi dan sampel penelitian adalah 39 siswa kelas IV SD N Bangunjiwo Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitaian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitianya di SD N Bangunjiwo Kasihan Bantul. Dalam penelitain ini , penelti menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter Siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N Bangunjiwo Kasihan Bantul dilaksankan melalui 2 jenis pelaksanaan, yaitu pembelajaran di dalam kelas bersifat langsung yang mengarah pada rana kognitif, sedangkan di luar keas bersifat pembiasaan yaitu mengarah pada ranah afrktif dan psikomotorik. Dalam implementasi tersebut perlu keterlibatan mata pelajaran dan seluruh stakeholder sekolah untuk bersama-sama mengawal implementasi kuriulum 2013 baik itu kepala sekolah, guru, karyawan, bahkan orang tua. Faktor pendukung Implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran Pendidikan Agana Islam di SD N Bangunjiwo Kasihan Bantul yaitu: Adanya Dukungan pihak pemerintah, Dinas Pendidikan, dan Sekolah dalam memfasilitasi penerapan kurikulum 2013, adnya keinginan dari guru bidang studi untuk selalu belajar terkait bagaimana implementasi penerapan kurikulum 2013, adanya Integrasi nilai karakter pada semua mata pelajaran, dan tersedianya buku pegangan guru dan peserta didik. Faktor penghambat Implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran Pendidikan Agana Islam di SD N Bangunjiwo Kasihan Bantul yaitu: adaptasi yang cukup lama antara guru dan peserta didik dalam memahami metode saintifik, proses assesment / penilaian yang terlalu rinci dalam kurikulum 2013, masih kurangnya sosialisasi workhsop, dan seminar terkait kurikulum 2013.