PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN MODERNITAS
Main Author: | ANWAR, FATAH SAIFUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elibrary.almaata.ac.id/1310/1/BAB%20I.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1310/2/ABSTRAK%27%27%27.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1310/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://elibrary.almaata.ac.id/1310/ http://elibrary.almaata.ac.id |
Daftar Isi:
- Fazlur Rahman adalah seorang tokoh pembaharuan pemikiran islam yang pemikirannya pada abad ke-21 laris dibelahan dunia Indonesia, pemikirannya tentang pembaharuan pendidikan Islam dan modernitas merupakan satu dari banyak buah pikirnya, dalam hal ini beliau sangat berpegan teguh terhadap landasan ontologis Al-qur’an dan hadist dan juga tidak luput dari konteks sosio-historis sebagai pertimbangan berpikirnya. Penelitian ini ditulis untuk mengetahui latar belakang tipologi-tipologi pemikiran pendidikan Islam dan modernitas versi Fazlur Rahman yang menurut hemat penulis terdapat relevansi terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatitif-deskriptif. Subyek penelitiannya adalah berbagai karya asli Fazlur Rahman dan juga literatur-literatur yang relevan dengan pemikiran Fazlur Rahman terkait pendidikan Islam dan modernitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemikiran Fazlur Rahman tentang pendidikan Islam dan modernitas mengandung unsur-unsur meliputi: rekonstruksi pemahaman Al-qur’an dan hadist, konsep modernisasi zaman klasik, zaman kontemporer, dan juga relevansi terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Kata kunci: Pendidikan Islam, Modernisasi, Al-Qur’an, Hadist