HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA

Main Author: Imamuddin, Sukri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1123/1/BAB%20I.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1123/2/ABSTRAk.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1123/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1123/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa menyumbang yang besar Kesepakatan dalam proses belajar mereka sendiri yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan membantu siswa untuk memperolehnya pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Tujuan: Mengetahui hubungan penerapan model pembelajaran tutorial dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi melalui pendekatan Cross Sectional, yang dilakukan di Universitas Alma Ata Yogyakarta Hasil: Berdasarkan 64 subjek penelitian sebagian besar responden menunjukan bahwa pembelajaran tutorial dalam kategori baik dengan motivasi belajar yang tinggi sebanyak 37 (58,7%) responden dan pembelajaran tutorial dalam kategori cukup baik dengan motivasi belajar sedang sebanyak 6 (9,6%) responden sedangkan hasil uji statistik Kendall-Tau dengan p-value0,190 (p<0,05). Kesimpulan: Tidak ada hubungan model pembelajaran tutorial dengan motivasi belajar pada mahasiswa semester 1 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Kata kunci: Metode pembelajaran, motivasi belajar, Mahasiswa Keperawatan Latar Belakang: Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa menyumbang yang besar Kesepakatan dalam proses belajar mereka sendiri yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan membantu siswa untuk memperolehnya pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Tujuan: Mengetahui hubungan penerapan model pembelajaran tutorial dengan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi melalui pendekatan Cross Sectional, yang dilakukan di Universitas Alma Ata Yogyakarta Hasil: Berdasarkan 64 subjek penelitian sebagian besar responden menunjukan bahwa pembelajaran tutorial dalam kategori baik dengan motivasi belajar yang tinggi sebanyak 37 (58,7%) responden dan pembelajaran tutorial dalam kategori cukup baik dengan motivasi belajar sedang sebanyak 6 (9,6%) responden sedangkan hasil uji statistik Kendall-Tau dengan p-value0,190 (p<0,05). Kesimpulan: Tidak ada hubungan model pembelajaran tutorial dengan motivasi belajar pada mahasiswa semester 1 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Kata kunci: Metode pembelajaran, motivasi belajar, Mahasiswa Keperawatan