Paradigma Pembelajaran Musik

Main Author: Setiaji, Denden
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/909
http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/909/518
Daftar Isi:
  • Pembelajaran musik memang suatu hal yang sangat unik dibandingkan dengan pembelajaran-pembelajaran lainya yang kita ketahui selama ini, fenomena ini cukup menarik dikarenakan dalam pengaplikasiannya masih banyak hal – hal yang menjadi permasalahan dalam pengaplikasiannya, baik itu pembelajaran music yang berbasis hafalan, terlalu banyak teori dan lain sebagainya, sehingga tentulah hal tersebut menjadi tantangan dimana pembelajaran musik harus memiliki inovasi yamg dapat mempermudah dalam aplikasi pembelajarannya, mengingat basis dari pembelajaran music itu sendiri merupakan perolehan dan penyimpanan pengalaman musical setiap individu yang mempelajarinya. Pembelajaran music harauslah bersifat musical, tidak selalu ditekankan pada tori dan hapalan. Pembelajaran music yang musical akan lebih mudah dimengerti karena berangkat dari pengalaman musical perserta didik itu sendiri.