PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Main Author: | Acesta, Arrofa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal ini diterbitkan oleh: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/766 http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/766/422 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang hanya sekitar 40 % siswa yang dapat mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan Pendekatan metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 2 Mekarwangi Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimen Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan hasil penelitian didapat hasil yang meningkat yaitu pada pada pretest diperoleh rata-rata 45,42 dan pada posttest diperoleh rata-rata 83,79 selain itu metode mind mapping berpengaruh pada kemampuan berpikir kreatif siswa terlihat bahwa siswa lebih dapat mengembangkan ide-ide dan gagasan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan mind mapping, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.