STUDI TENTANG PENDAYAGUNAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA KODYA MALANG
Main Authors: | Iswatiningsih, Daroe, Dra, Si, M |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 1999
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/976/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptumm-gdl-res-1999-daroe-1179-library |
Daftar Isi:
- Perpustakaan bukan merupakan hal baru di kalangan masyarakat. Di mana-mana telah diselenggarakan perpustakaan, mu;lai dari keberadaannya yang permanen (menetap) sampaia dengan yang bergerak (perpustakaan keliling) yang banyak dijumpai di desa-desa. Terlebih lagi dengan keberadaan perpustakaan di sekolah-sekolah, baik sekolah umum maupun kejuruan, baik di tingkat pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Demikian pula keberadaan perpustakaan di berbagai instansi atau kantor-kantor. Meskipun perpustakaan bukan merupakan hal baru, namun masih banyak dijumpai masyarakat yang merasa asing terhadap pemanfatan perpustakaan, demikian pula halnya dengan pelajar. Keenganan pelajar untuk memanfaatkan perpustakaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun faktor-faktor tersebut misalnya dari pihak siswa yang memang tidak memiliki minat membaca, peran guru dalam mengenalkan dan mensosialiasasikan perpustakaan dalam berbagai bidang ilmu serta sumber informasi yang sudah meluas sehingga orang (siswa) tidak perlu lagi merasa bahwa perpustakaan merupakan satu-satunya sumber belajar.