SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT. BANK JABAR CABANG SUBANG

Main Author: Ali Rahman, Ridwan
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/9079/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2007-ridwanalir-4516
Daftar Isi:
  • Dunia perbankan Indonesia telah mengalami perubahan orientasi. Sebelum tahun 1980-an, bank-bank masih merupakan lembaga yang berorientasi pada produk. Pelayanan bank belum sebaik sekarang karena Bank Komersial masih menganut konsep menjual produk atau jasa. Pertimbangan kepuasan nasabah belum menjadi orientasi bank. Berbeda dengan kondisi setelah Paket Kebijakan Juni (Pakjun) 1983, bank telah tumbuh spektakuler baik menyangkut jumlah bank, cabang bank maupun jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Dengan demikian persaingan antara bank atau antar cabang bank menjadi semakin tajam. Pada saat itulah orientasi pelayanan harus dilakukan oleh bank. Singkatnya bahwa Product Oriented telah bergeser ke Customer Oriented. Bentuk realisasi dari orientasi bank yang telah bergeser dari Product Oriented menjadi Customer Oriented, yaitu salah satunya dengan memberikan pelayanan kepada para pelanggan/nasabah berupa kredit. Bank merupakan lembaga perantara yang menghimpun dana dan menempatkannya dalam bentuk aktiva produktif misalnya kredit. Penempatan dalam bentuk kredit akan memberikan kontribusi pendapatan bunga bagi bank. Kontribusi pendapatan bunga kredit di Indonesia masih mendominasi pendapatan bank dibanding dari fee base income. Hal ini dapat diartikan bahwa aktivitas perkreditan sangat besar di lembaga perbankan