Strategi Humas PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung dalam Mensosialisasikan Tarif Kereta Api Parhyangan Kepada Pelanggan

Main Author: Ramadhasari, Meita
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/7737/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-meitaramad-19746
Daftar Isi:
  • Penyusunan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Humas PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Dalam Mensosialisasikan Tarif Kereta Api Parahyangan Kepada Pelanggan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif, dimana data di perolah melalui hasil studi pustaka mengenai strategi dan wawancara yang dilakukan kepada salah satu staf Humas PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung. Populasinya adalah Kahumas beserta tiga orang staf Humas PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung. Adapun teknik analisis data,deskripsi hasil penelitian diambil dari hasil wawancara yang mengacu kepada pedoman wawancara yang telah disusun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan, strategi, kegiatan Ã�¢Ã�Â�Ã�Â� kegiatan yang dilakukan oleh Humas PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung bersifat insidentil yaitu berupa publikasi ke media massa, baik media cetak maupun media elektronik, press conference, pembagian press release, pemasangan spanduk dan membagikan brosur kepada pelanggan. Pesan yang disampaikan melalui media tersebut bersifat informatif dan persuasif. Hal ini menunjukkan bahwa Strategi Humas PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung dalam mensosialisasikan tarif kereta api Parahyangan dapat dikatakan telah berhasil dengan melihat sekarang meningginya tingkat akopansi penumpang KA Parahyangan. Ada baiknya jika dalam mensosialisasikan tarif Kereta Api Parahyangan ini, PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung melakukan kegiatan yang bersifat rutin baik di ruang lingkup stasiun maupun di luar stasiun.