PERANCANGAN APLIKASI GAME RUBIK CUBE PADA PONSEL DENGAN MIDP 2.0

Main Author: Supriatna, Iyus
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/7273/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2006-iyussupria-2738
Daftar Isi:
  • Aplikasi game rubik cube merupakan suatu jenis game puzzle, dimana dalam game rubik cube terdapat objek rubik yang akan dimainkan. Seperti halnya permainan rubik yang sesungguhnya dalam game ini juga sisi dari rubik dapat diputar dengan arah vertikal dan horizontal. Untuk membuat aplikasi game rubik cube, penulis menggunakan metode geometri 3D yaitu transformasi 3D (translasi dan rotasi). Translasi merupakan suatu operasi yang menyebabkan perpindahan objek tiga dimensi dari suatu koordinat ke koordinat yang lainya. Sedangkan Rotasi merupakan suatu operasi yang menyebabkan perputaran objek tiga dimensi terhadap sumbu x,y dan z Aplikasi game rubik cube diimplementasikan pada suatu ponsel dan untuk membuat aplikasi game ini penulis menggunakan J2ME (JavaTM 2 Micro Edition) dengan tool design antar muka NetBeans 5.0. Kata Kunci : Translasi dan Rotasi