Daya Tarik Tayangan Korean Wave Di Media Sharing Youtube Terhadap Minat Belajar Budaya Korea Selatan Di Bandung Korean Community (Bandung Hansamo)

Main Author: Cahyana Muharram, Eka
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/59384/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ekacahyana-39898
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menganalisis secara mendalam tentang sejauhmana pengaruh daya tarik tayangan Korean Wave di media sharing youtube terhadap minat belajar Budaya Korea di Bandung Korean Community (Bandung Hansamo). Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data metode servey. Populasi penelitian ini adalah anggota Bandung Korean Community (Bandung Hansamo). Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik sampling acak (Random). Hasil Penelitian menunjukan bahwa: pengaruh kekuatan terhadap minat belajar sangat kuat; pengaruh penampilan terhadap minat belajar kuat; pengaruh pesan terhadap minat belajar cukup kuat; pengaruh media terhadap minat belajar sangat kuat; pengaruh daya tarik terhadap perhatian sangat kuat; pengaruh daya tarik terhadap keinginan sangat kuat; pengaruh daya tarik terhadap kesan kuat; pengaruh daya tarik tayangan terhadap minat belajar dangat kuat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah daya tarik tayangan Korean Wave di media sosial youtube memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat belajar budaya korea di Bandung Korean Community (Bandung Hansamo). Saran bagi media sharing youtube diharapkan menyediakan layananh unbtuk mempermudah akses tayangan-tayangan Korean Wave, sehingga orang-orang yang akan mempelajari budaya Korea Selatan dapat lebih mudah dalam mengakses tayangan tersebut.