Pembangunan Sistem Penentuan Pembukaan Cabang Baru Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Dengan Pendekatan CRM Di PT Tridaya Sinergi Indonesia

Main Author: Sabaruddin
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/58771/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-sabaruddin-39285
Daftar Isi:
  • PT Tridaya Sinergi Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian barang dalam hal ini adalah rokok herbal yang terbuat dari 17 komposisi rempah yang dipercaya dapat menormalkan tekanan darah, menekan kolesterol dan asam urat. Perusahaan yang beralamat di Jl. Sukamulya No.44 A, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat ini mendistribusikan ratusan ribu bungkus rokok setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah mencapai 52.32. Akan tetapi PT Tridaya Sinergi Indonesia mengalami kendala ketika ingin melakukan pembukaan cabang baru dimana pihak marketing merasa kesulitan dalam memilih daerah mana yang memiliki potensi pasar yang tinggi, khususnya untuk pasar rokok herbal. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya sistem yang dapat menganalisis pangsa pasar dan segmentasi pasar terhadap pelanggan PT Tridaya Sinergi Indonesia dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Metode yang digunakan untuk menentukan daerah kota atau kabupaten mana yang cocok untuk dijadikan tempat pembukaan cabang baru tersebut adalah Simple Additive Weight (SAW). Berdasarkan hasil pengujian blackbox dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu pihak perusahaan dalam menentukan daerah kota atau kabupaten mana yang memiliki potensi pasar yang tinggi untuk dilakukannya pembukaan cabang baru di tempat tersebut.