Sistem Penentuan Pembukaan Cabang Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di CV Cantik Kreasi
Main Author: | Faizal Alfarisi, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/58103/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-muhammadfa-38617 |
Daftar Isi:
- CV Cantik Kreasi merupakan perusahaan bisnis butik yang bergerak di bidang penyewaan kebaya, jas, dan aksesoris pakaian tradisional yaitu boustier dan blouse dengan brand Adity Boutique. Butik ini selain menyediakan kebaya, jas, dan aksesoris juga menyediakan bahan pakaian. Melihat dari keinginan perusahaan yang akan melakukan pembukaan cabang baru jika omset sudah melebihi dari Rp.650.000.000 juta dan dalam periode 1 (satu) tahun, akan tetapi CV Cantik Kreasi memiliki kendala saat ingin melakukan pembukaan cabang baru dimana Manager Marketing memiliki kendala dalam menentukan daerah kota/kab mana yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan berpotensi untuk dibukanya cabang baru. Melihat dari permasalahan yang sudah dipaparkan perlu adanya analisis pangsa pasar dan segmentasi pasar terhadap pelanggan CV Cantik Kreasi dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Adapun metode yang akan digunakan untuk menentukan daerah kota/kab untuk pembukaan cabang baru ini yaitu Simple Additive Weight (SAW). Berdasarkan hasil pengujian blackbox, user acceptence test (UAT) dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu bagian Manager Marketing dalam menentukan daerah kota/kab yang memiliki potensi pangsa pasar yang tinggi untuk dilakukannya pembukaan cabang baru agar dapat menarik pelanggan baru.