Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Celana Jeans Di Kabupaten Bandung

Main Author: Fauzi, Ahmad
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/58094/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ahmadfauzi-38608
Daftar Isi:
  • Usaha Kecil Menengah (UKM) celana jeans merupakan kebanggaan dan ciri khas dari Kabupaten Bandung. Dari tahun 1970 hingga 2010, celana jeans menjadi produk andalan di Kabupaten Bandung. Namun di awal 2010 terjadi ASEAN-China Free Trade Agreement yaitu perjanjian antara China dan negaranegara ASEAN untuk mengembangkan perekonomian dengan menghilangkan hambatan perdagangan antara negara ASEAN termasuk negara Cina. Pasar domestik dan internasional dikuasai oleh produk yang berasal dari negara Cina sehingga UKM celana jeans mengalami kerugian. Para pengusaha juga mengalami kesulitan dalam bersaing karena orientasi kewirausahaan yang masih minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM celana jeans di Kabupaten Bandung baik secara parsial maupun simultan. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha ukm celana jeans di Kabupaten Bandung sebanyak 56 orang. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 21 for windows.Hasil dari analisis membuktikan bahwa variabel orientasi pasar dikategorikan baik. Sedangkan variabel orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing dikategorikan cukup baik. Secara parsial dan simultan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing.