Pengaruh Persepsi kebermanfaatan Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Pengguna Terhadap E-Filling (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di RSUP. Dr Hasan Sadikin Bandung)

Main Author: Tri Vebianti, Vivih
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/58072/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-vivihtrive-38586
Daftar Isi:
  • E-filing adalah cara penyampaian surat pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan melalui sistem online dan real time yang membutuhkan jaringan internet pada website Direktorat Jendral Pajak maupun penyediaan jasa aplikasi atau application service provider (ASP)Ã�Â�. Dalam penelitian ini akan di jelaskan mengenai persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepuasan pengguna terhadap e-filing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepuasan pengguna terhadap e-filing pada wajib pajak orang pribadi di RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif dan verifikatif. Untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepuasan pengguna terhadap e-filing penulis menggunakan pengujian model pengukuran (convergent validity, discriminant validity dan uji reliabilitas), pengujian model sturktural (koefisien korelasi dan koefisien determinasi), uji hipotesis dengan menggunakan software SmartPLS ver. 2.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepuasan pengguna berpengaruh terhadap e-filing. Dimana jika persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepuasan pengguna baik maka e-filing akan baik juga.