Penentuan Daerah Pemasaran Dan Pengembangan Produk Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di CV Bau Duren

Main Author: Putra Rafzanjani, Zainal
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/57929/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-zainalputr-38443
Daftar Isi:
  • Bau Duren adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan camilan terutama durian beku dalam kemasan. Saat ini Bau Duren memiliki 3 rumah produksi yang berlokasi di Cimahi dan Bandung. Bau Duren menjual produknya melalui agen dan reseller. Berdasarkan wawancara dengan Aufa Radian sebagai Marketing Manager di CV Bau Duren mengatakan bahwa Marketing Manager kesulitan dalam menentukan daerah pemasaran yang tepat sasaran. Selain itu, Production Manager kesulitan dalam menentukan letak kesalahan terhadap penurunan penjualan yang terjadi dari produk-produk Bau Duren. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi customer relationship management. Sistem ini bertujuan untuk membantu Marketing Manager dalam menganalisis besar peluang pasar di daerah yang potensial juga membantu Production Manager dalam mendapatkan informasi kepuasan pelanggan mengenai produk Bau Duren. Segmentasi pasar Geodemografis dilakukan dalam proses menentukan besar peluang pasar dan Simple Additive Weighting (SAW) adalah metode yang digunakan untuk memberikan rekomendasi calon daerah pemasaran berdasarkan peringkat. Sedangkan alat yang digunakan untuk melakukan pengembangan produk adalah dengan menggunakan kuesioner online. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, User Acceptance Testing (UAT) dan penerimaan pengguna akhir pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan penentuan daerah pemasaran dan memberikan informasi pengembangan produk.