Pengaruh Rasio Lancar Dan Rasio Utang Terhadap Tingkat Pengembalian Modal Pada Lima Perusahaan Subsektor Otomotif (Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015)

Main Author: Lasuba, Raindra
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/57881/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-raindralas-38395
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan rasio utang terhadap tingkat pengembalian modal baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 Ã�Â� 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah lima perusahaan otomotif. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan menggunakan program bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan secara simultan rasio lancar dan rasio utang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian modal. Sedangkan secara parsial menunjukan bahwa rasio lancar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian modal dan rasio utang tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian modal.