Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Kualitas Sistem Informasi Perpajakan (e-SPT) Terhadap Kepuasaan Wajib Pajak

Main Author: Fuad Hasan, Muhammad
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2017
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/57452/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-muhammadfu-37967
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan terhadap 100 orang Wajib Pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Subang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kualitas Sistem Informasi Perpajakan (eSPT) terhadap Kepuasan Wajib pajak orang pribadi terdaftar pada KPP Pratama Subang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 190.937 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Subang. Dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang wajib pajak orang pribadi, yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 100 wajib pajak orang pribadi.Metode analisis data yang digunakan adalah SEM PLS dengan bantuan software SmartPLS 2.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan pajak dan variabel kualitas sistem informasi perpajakan (e-SPT) memberikan pengaruh yang signifikan kepada variabel kepuasan wajib pajak. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kualitas pelayanan pajak dan kualitas sistem informasi perpajakan (e-SPT) berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak pada wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Subang.