Analisis Pangsa Pasar Untuk Pembukaan Caban Baru Di CV Puspita Jaya Mandiri Dengan Pendekatan Customer Relationshio Management

Main Author: Ardiansyah, Rizal
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/54394/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-rizalardia-37795
Daftar Isi:
  • CV. Puspita Jaya Mandiri (PJM) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendagangan dan jasa, khususnya perdagangan hasil peternakan ayam broiler. Dalam pemasarannya pun telah memiliki pelanggan dari berbagai daerah dan kota di Jawa Barat seperti Cianjur, Lembang, Ciwidey, Purwakarta Cimahi, Cikalong, Subang, Tasik Malaya, Cililin, Cihampelas, Batujajar, Soreang, Majalaya, Banjaran, Margaasih dan Sindangkerta. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Aripin sebagai Direktur Utama di CV Puspita Jaya Mandiri, ditemukan masalah pada penentuan daerah untuk pembukaan cabang baru. Saat ini perusahaan selalu dapat memenuhi permintaan pasar untuk daerah pemasaran saat ini sehingga perusahaan memerlukan perluasan daerah pemasaran dengan membuka cabang baru di daerah yang memiliki pasar potensial. Akan tetapi, perusahaan kebingungan pada penentuan daerah yang memiliki pasar potensial untuk dijadikan cabang baru dimana jika hal ini tidak diselesaikan akan berdampak pada terlambatnya perusahaan dalam memperluas daerah pemasarannya. Maka dari itu dibutuhkan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat menganalisis daerah potensial untuk dijadikan cabang baru menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan Metode Simple Addictive Weighting (SAW) agar dapat mempermudah perusahaan dalam proses menentukan daerah yang potensial. Berdasarkan hasil pengujian Black Box dan pengujian Beta penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam menentukan pangsa pasar tiap daerah untuk pembukaan cabang baru.