Analisis Pangsa Pasar Untuk Pembukaan Cabang Baru Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Devitra Indonesia

Main Author: Prasetya, Anugrah
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/53472/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-anugrahpra-36802
Daftar Isi:
  • PT. Devitra Indonesia perusahaan yang bergerak di jasa perbaikan kendaraan, perawatan mesin dan suku cadang alat berat seperti Forklift, Catloader dan Truck yang pelanggannya termasuk perusahaan besar yang berada di kota purwakarta. Sebagai perusahaan yang berjalan di bidang alat berat PT. Devitra Indonesia hingga saat ini sudah berdiri 15 tahun dibisnis alat berat dan ingin memperluas usaha bisnisnya dengan cara membuka cabang baru. PT. Devitra Indonesia pernah memperluas usaha bisnis dengan cara membuka cabang baru pada tahun 2008 di kota Bandung, Akan tetapi pada tahun berikutnya cabang baru di kota bandung mengalami kerugian hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang tidak diperhitungkan dan akhirnya perusahaan memutuskan untuk menutup cabang bandung. Berdasarkan permasalahan diatas untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun Sistem Informasi Analisis Pangsa Pasar untuk Pembukaan Cabang Baru dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) dengan metode Weighted Product (WP) yang mampu membantu perusahaan mendapatkan rekomendasi untuk pembukaan cabang baru. Konsep CRM banyak digunakan sebagai acuan pada industri informasi sebagai metodologi kapabilitas internet yang membantu perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan. Tujuan dari sistem CRM adalah meningkatkan pelayanan pada pelanggan, menambah kepuasan pelanggan, dan memastikan ingatan pelanggan dengan meluruskan cara berbisnis dengan integrasi teknologi. Selain itu, tujuan utama dari CRM adalah mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.