Analisis Cross Selling Pada Rekomendasi Paket Di CV. Fokusmedia Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management

Main Author: Sunandar, Ahmad
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/53432/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ahmadsunan-36761
Daftar Isi:
  • CV. Fokusmedia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan buku khususnya buku pemerintahan dan perundang-undangan. Perusahaan dalam kegiatan tertentu atau dalam hari jadi perusahaan melakukan pemaketan buku dengan harga yang lebih murah. Tetapi dalam proses pemaketan buku, manager marketing belum menemukan pola untuk rekomendasi paket buku dan manager marketing belum menentukan jenis pelanggan yang sesuai dengan rekomendasi paket buku. Berdasarkan permasalahan yang ada pada saat ini, maka dibutuhkan sistem yang dapat menentukan buku-buku yang akan direkomendasikan sebagai paket yang sesuai dengan jenis pelanggan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management. Salah satu cara yang ditempuh untuk melakukan rekomendasi paket adalah dengan menggunakan analisis cross selling. Pada prinsipnya cross selling adalah strategi yang digunakan untuk menjelaskan penjualan additional products kepada pelanggan yang telah membeli sesuatu dari perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan buku-buku yang akan direkomendasikan sebagai paket adalah Association Rule. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat mempermudah manager marketing dalam melakukan pemaketan buku serta dapat mempermudah manager marketing dalam memberikan paket buku yang sesuai dengan jenis pelanggan.