PERANAN PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM DIVRE III DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN TERHADAP TELKOMFLEXI DI BANDUNG

Main Author: Purnamaningsih
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2004
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/5254/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2004-purnamanin-556
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui “Sejauhmana Peranan Public Relations PT. Telkom Divre III dalam Menarik Minat Pelanggan terhadap Telkomflexi di Bandung”, yaitu dengan cara menganalisis apa saja kegiatan dan media yang digunakan dan sejauhmana perhatian, pengertian dan penerimaan pelanggan terhadap Telkomflexi di Bandung. Tipe penelitian adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan studi pustaka. Unit samplingnya adalah pelanggan Telkomflexi, dengan populasi sebesar 44.864, diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling dengan random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara acak (sampel acak sederhana). Pengolahan dan analisa data dengan program SPSS 11.5, garis kontinum dan Rank Spearman. Diperoleh hasil, bahwa kegiatan Public Relations PT. Telkom Divre III meliputi promosi dan publikasi dengan menggunakan media cetak, dan elektronik. Di mana responden mempunyai perhatian kurang baik yaitu sebesar 2905, namun dalam pengertian sudah baik yaitu sebesar 2318 dan penerimaan terhadap Telkomflexi juga sudah baik yaitu sebesar 2356, sehingga secara umum Public Relations telah melaksanakan perannya dengan baik pula, hal ini ditandai dengan banyaknya responden yang tertarik untuk menggunakan Telkomflexi dan besarnya korelasi yaitu sebesar 0,800 yang berarti kuat, searah tapi tidak signifikan. Ho ditolak dan H1 diterima, berarti ada hubungan antara peranan Public Relations PT. Telkom Divre III dengan minat pelanggan Telkomflexi di Bandung. Kesimpulannya, kegiatan Public Relations PT. Telkom Divre III berupa promosi dan publikasi melalui media cetak, dan elektronik, di mana perhatian kurang baik, tapi pengertian dan penerimaan pelanggan sudah baik, sehingga peranan Public Relations PT. Telkom Divre III dalam menarik minat pelanggan terhadap Telkomflexi di Bandung secara keseluruhan sudah baik. Saran, bagi perusahaan agar kuantitas dari promosi dan publikasi dilakukan lebih sering terutama di daerah pinggir kota Bandung dan hendaknya desain handset Telkomflexi lebih menarik seperti GSM. Bagi masyarakat, diharapkan agar lebih selektif dalam menggunakan alat komunikasi, terutama handphone sesuai kebutuhan. Bagi peneliti berikutnya, semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian sejenis yang lebih baik.