PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA

Main Author: Effendi, Muhammad
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2004
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/5220/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2004-muhammadef-528
ctrlnum 5220
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unikom.ac.id/5220/</relation><title>PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA</title><creator>Effendi, Muhammad</creator><subject>2004</subject><description>Kegiatan penjualan adalah salah satu faktor penentu atas perolehan laba yang optimal. Karena laba akan timbul jika penjualan produk lebih besar dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut dengan melakukan penelitian di PT.Agronesia Bandung untuk menguji judul &amp;#8220;Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada PT.Agronesia&amp;#8221;. Untuk membantu dalam penyusunan skripsi ini peneliti menentukan identifikasi masalah, yaitu sebagai berikut : Bagaimana perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia ?. Seberapa besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia ?. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia, dan besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia. Volume Penjualan adalah Jumlah penjualan yang berhasil dicapai atau ingin dicapai oleh suatu perusahaan pada periode tertentu. Sedangkan laba bersih adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap semua biaya dan kerugian. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah laporan laba rugi PT.Agronesia dan metode yang digunakan adalah verifikatif dan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara dan observasi. Adapun operasional variabelnya yaitu variabel X (volume penjualan) dan variabel Y (laba bersih). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi tahun 2000 sampai dengan 2003. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan yaitu Uji Korelasi Pearson. Dari hasil analisis perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia tahun 2000 sampai dengan 2003 bahwa dengan semakin meningkatnya volume penjualan perusahaan ternyata membawa keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil laba bersih yang setiap tahunnya meningkat seiring dengan perubahan volume penjualan. Sedangkan dari hasil analisis perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,99 yang berarti hubungan antara volume penjualan dengan laba bersih adalah sangat erat dan positif atau bisa dikatakan mempunyai hubungan yang sempurna yaitu apabila volume penjualan naik maka laba bersih akan terdorong untuk naik juga. Sebaliknya apabila volume penjualan turun maka laba bersih akan terdorong untuk turun juga. Sedangkan untuk mengetahui besar keeratan pengaruh antara volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih serta untuk diketahui besarnya pengaruh faktor-faktor lain yang mempengaruhi laba bersih, maka dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi dengan tingkat signifikan 5% yaitu diperoleh sebesar 98% sedangkan sisanya sebesar 2% dipengaruhi oleh faktor lain selain dari volume penjualan. Dengan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan laba bersih.</description><publisher>Universitas Komputer Indonesia</publisher><date>2004-10-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><identifier> Effendi, Muhammad (2004) PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia. </identifier><relation>http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jbptunikompp-gdl-s1-2004-muhammadef-528</relation><recordID>5220</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
author Effendi, Muhammad
title PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA
publisher Universitas Komputer Indonesia
publishDate 2004
topic 2004
url http://repository.unikom.ac.id/5220/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2004-muhammadef-528
contents Kegiatan penjualan adalah salah satu faktor penentu atas perolehan laba yang optimal. Karena laba akan timbul jika penjualan produk lebih besar dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut dengan melakukan penelitian di PT.Agronesia Bandung untuk menguji judul &#8220;Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada PT.Agronesia&#8221;. Untuk membantu dalam penyusunan skripsi ini peneliti menentukan identifikasi masalah, yaitu sebagai berikut : Bagaimana perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia ?. Seberapa besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia ?. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia, dan besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia. Volume Penjualan adalah Jumlah penjualan yang berhasil dicapai atau ingin dicapai oleh suatu perusahaan pada periode tertentu. Sedangkan laba bersih adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap semua biaya dan kerugian. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah laporan laba rugi PT.Agronesia dan metode yang digunakan adalah verifikatif dan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara dan observasi. Adapun operasional variabelnya yaitu variabel X (volume penjualan) dan variabel Y (laba bersih). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi tahun 2000 sampai dengan 2003. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan yaitu Uji Korelasi Pearson. Dari hasil analisis perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia tahun 2000 sampai dengan 2003 bahwa dengan semakin meningkatnya volume penjualan perusahaan ternyata membawa keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil laba bersih yang setiap tahunnya meningkat seiring dengan perubahan volume penjualan. Sedangkan dari hasil analisis perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,99 yang berarti hubungan antara volume penjualan dengan laba bersih adalah sangat erat dan positif atau bisa dikatakan mempunyai hubungan yang sempurna yaitu apabila volume penjualan naik maka laba bersih akan terdorong untuk naik juga. Sebaliknya apabila volume penjualan turun maka laba bersih akan terdorong untuk turun juga. Sedangkan untuk mengetahui besar keeratan pengaruh antara volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih serta untuk diketahui besarnya pengaruh faktor-faktor lain yang mempengaruhi laba bersih, maka dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi dengan tingkat signifikan 5% yaitu diperoleh sebesar 98% sedangkan sisanya sebesar 2% dipengaruhi oleh faktor lain selain dari volume penjualan. Dengan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan laba bersih.
id IOS4207.5220
institution Universitas Komputer Indonesia
institution_id 294
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNIKOM
library_id 268
collection Repository Scholar Unikom
repository_id 4207
city BANDUNG
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4207
first_indexed 2017-05-07T15:37:50Z
last_indexed 2024-07-17T06:27:00Z
recordtype dc
_version_ 1804815553532002304
score 17.13294