Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Education Laboratory (EDULAB) Dago

Main Author: Karim Ramdan, Abdul
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/52104/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-abdulkarim-36637
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Ã�Â�Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Education Laboratory (Edulab) Dago BandungÃ�Â� yang dilakukan di Edulab Dago Kota Bandung telah dilaksanakan pada bulan Oktober Ã�Â� Desember 2016. Pentingnya sistem informasi akademik berbasis web yang saling terintegrasi yang dapat memproses data - data akademis untuk menghasilkan suatu informasi akademik yang dibutuhkan oleh para pemakainya yang digunakan oleh Edulab Dago Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membantu Edulab dalam mengembangkan sistem akademik yang diharapkan dapat mengolah data akademik, serta dapat memberikan kemudahan dan memcahkan masalah yang dihadapi. Metode Penelitian yang digunakan adalah menggunakan deskriptif dan penelitian tindakan. Adapun metode pendekatan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan berorientasi objek yang menggunakan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan, seperti Use case, Use case Text, Activity Diagram, Sequence, dan seterusnya. Dan model pengembangan sistem yang digunakan adalah model Prototype. Dimana prototyping merupakan proses iteratif dalam pengembangan sistem di mana kebutuhan diubah ke dalam sistem yang bekerja yang secara terus menerus diperbaiki melaalui kerjasama antara pengguna dan analis. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kemuduhan bagi calon siswa dalam proses pendaftaran. Begitu juga bagi pihak Edulab diharapkan dapat memberkan kemudahan dalam mengolah data akademik serta bisa menginformasikan mengenai edulab secara rinci dan informasi mengenai jadwal, nilai dan absensi bisa disajikan secara online. Keunggulan sistem informasi yang diusulkan merupakan sistem informasi berbasis web yang telah terkomputerisasi, lebih mudah digunakan, integrasi data terjaga dan data akademik akan terkontrol dengan baik. Untuk saran pengembangan perangkat lunak dihrapkan tidak hanya terbatas pada pengelolaan pendaftran siswa, penjadwalan, dan absensi melainkan sampai ke tahap laporan perkembangan prestasi siswa selama masa bimbingan belajar di Edulab secara otomatis dengan uraian penilain yang bisa ditafsirkan secara otomatis berdasarkan hasil dari nilai try out siswa.