Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Survey Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Bandung Cibeunying)

Main Author: Nur Hanifah, Diani
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/513/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-dianinurha-34720
Daftar Isi:
  • Kepuasan Wajib pajak merupakan faktor utama yang menentukan kualitas suatu Kantor Pelayanan Pajak. Akan tetapi masih banyak petugas pajak yang lamban dan tidak ramah dalam mengerjakan tugas, selain itu terjadi kesulitan dalam mengubah kebiasaan masyarakat yang belum memanfaatkan fasilitas sistem administrasi perpajakan modern yang disediakan dirjen pajak dalam melaporkan SPT-nya. Fenomena ini terjadi dikarenakan kurang perhatian para petugas terhadap pentingnya perhatian penuh dalam mengatasi masalah- masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan pajak dan sistem administrasi perpajakan modern terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 107.552 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Cibeunying, dan sampel yang diambil adalah sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi dengan menggunakan teknik penarikan sampel pendekatan slovin. Metode analisis yang digunakan adalah Model Persamaan Struktural (Structural Equation Model/SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak, dan sistem administrasi perpajakan modern berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak.