Perbandingan divide And Conquer Dan Euclidean Distance Untuk Speech Recognition Pada Aplikasi Game Catur
Main Author: | Febrian Putra, Agung |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/4572/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-agungfebri-34839 |
Daftar Isi:
- Speech Recognition merupakan salah satu proses pengenalan suara yang tidak mempedulikan identitas orang yang mengucapkannya. Speech Recognition dapat diterapkan pada aplikasi �� aplikasi yang menghasilkan hasil akhir berupa perintah (Command & control) dan aplikasi yang memungkinkan mengganti peranan keyboard dan mouse menjadi suara adalah game. Catur adalah sebuah permainan pikiran yang menggunakan bidak dan papan sebagai alat permainan. Pada aplikasi game komputer, catur menggunakan command & control dalam penerapannya, yaitu menggunakan keyboard atau mouse untuk menggerakannya. Proses pencocokkan merupakan salah satu proses pengenalan suara yang sangat penting, Karena sinyal suara yang dimasukan oleh user akan dicocokkan dengan data pada basis data. Maka dari itu, dibutuhkan suatu metode yang dapat melakukan pencocokkan dengan tingkat akurasi yang baik. Metode pencocokkan yang akan digunakan adalah Divide and Conquer dan Euclidean Distance. Aplikasi game catur yang menggunakan Speech Recognition dan menerapkan metode pencocokkan Divide and Conquer dan Euclidean Distance, dibangun dengan tujuan untuk mengetahui algoritma manakah yang lebih akurat dalam melakukan pencocokkan dengan database. Aplikasi game ini juga menerapkan algoritma Fast Fourier Transform sebagai pengolahan sinyal suara dan algoritma Least Mean Square sebagai penghilang derau atau disebut juga noise. Berdasarkan hasil pengujian keseluruhan aplikasi yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil Euclidean Distance lebih akurat diterapkan untuk Speech Recognition dibandingkan hasil Divide and Conquer.