Pemodelan dan analisis dinamik kereta penumpang dengan bogie bolsterless

Main Author: Satria, Iman
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2001
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/3329/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-s2-2001-iman-1549-mekanika
Daftar Isi:
  • Faktor penentu dalam karakteristik dinamik kendaraan rel adalah rancangan parameter dinamik bogie,yaitu komponen yang menghubungkan perangkat roda dengan badan kereta (carbody).Ditinjau dari segi pengoperasioan,bogie mempunyai peranan penting dalam menentukan kecepatan operasi maksimum yang diijinkan.Batasan ini disebut sebagai kecepatan kritis,Vcr,yang memisahkan daerah operasi stabil dan tidak stabil.Kecepatan diatas Vcr akan mengakibatkan gerak hunting tidak stabil sehingga dapat mengakibatkan roda keluar rel(wheel-climbing)sehingga tidak aman.Faktor kenyamanan ditentukan oleh spektrum dan amplitudo getaran akibat gaya kontak roda dan rel.