PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN GEDUNG BARU UNIKOM BERBASIS ANDROID

Main Authors: Lorena Br Ginting, Selvia, Sudrayana, Endra, Hidayat
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKOM , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/30937/1/10.miu-14-no-2-selvia.pdf
http://repository.unikom.ac.id/30937/
http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/penerapan-teknologi-augmented.62
Daftar Isi:
  • Augmented Reality (AR) merupakan teknologi pemasaran yang sedang menjadi primadona berbagai macam produk di dunia, hal ini dikarenakan perpaduan dari script pemrograman serta seni 3 Dimensi yang diwujudkan kedalam se buah aplikasi secara bersamaan. Teknologi Augmented Reality yang dapat memberikan kesan nyata kepada pemakainya, memungkinkan untuk memban tu UNIKOM dalam mempromosikan gedung baru yang sedang dibuat. Dengan berbagai macam fitur yang tertanam didalam sebuah perangkat Android, mem buat penciptaan sebuah aplikasi promosi dapat lebih bervariatif, salah satunya media promosi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi Augmented Reality yang dibangun berjalan pada platform mobile Android, di mana kamera bekerja sebagai sumber input dengan cara membaca dan mela cak marker (penanda) dengan sistem tracking. Lebih lanjut, aplikasi akan menampilkan gedung baru UNIKOM secara 3D, lalu selanjutnya pengguna dapat memilih ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Selain itu pengguna dapat memilih berbagai jurusan yang tersedia, sehingga pengguna diharapkan mendapat informasi matakuliah, dosen, dan akreditasi dari masing-masing jurusan yang berada di Universitas Komputer Indonesia. Dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa sebesar 91 % pengguna dapat mengenal ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Serta pengguna dapat mengetahui teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan terbarukan, selain media promosi yang telah tersedia seperti halnya brosur ataupun website.