STRATEGIC PLANNING FOR INFORMATION SYSTEM BALANCE SCORECARD UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG

Main Author: Nurjaya Wk, Wahyu
Format: Article PeerReviewed
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKOM , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/30486/1/vol-71-artikel-8.pdf
http://repository.unikom.ac.id/30486/
http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/strategic-planning-for.t
Daftar Isi:
  • Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) adalah sebuah Institusi Pendidikan Tinggi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Untuk memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif, manajemen SI yang baik merupakan faktor penting yang harus diperhatikan UNIKOM. Oleh karena itu UNIKOM memerlukan Strategic Planning for Information System (SPIS) yang dilakukan dengan dua pendekatan. Pertama menggunakan metodologi pemaduan strategis (strategic alignment), yaitu merumuskan strategi SI berdasarkan Strategi Bisnis UNIKOM dengan memanfaatkan alat bantu Balanced Scorecard (BSC) dan Critical Success Factor (CSF). Kedua menggunakan metodologi dampak kompetitif (competitive impact), yaitu merumuskan strategi SI untuk meningkatkan daya saing UNIKOM dengan memanfaatkan alat bantu nilai analisis rantai (value chain analysis). Hasil SPIS berupa portofolio aplikasi, yang dikategorikan berdasarkan kontribusinya terhadap Strategi Bisnis UNIKOM dan perannya dalam proses bisnis UNIKOM. Adapun kategori ini meliputi: aplikasi strategis, aplikasi operasional, aplikasi pendukung, dan aplikasi potensi tinggi. Perencanaan strategis sistem informasi UNIKOM telah dilakukan, dan teridentifikasi adanya kebutuhan untuk memperbaiki strategi sistem informasi yang meliputi 8 prioritas utama strategis SI UNIKOM yang dibagi menjadi 2 prioritas yaitu â��Optimasi Pelayanan Teknologi Informasiâ�� yang terdiri dari 4 prioritas dan â��Optimasi Teknologi Informasiâ�� yang terdiri dari 4 prioritas. Hasil evaluasi terhadap proses bisnis UNIKOM saat ini, menunjukkan bahwa UNIKOM hendaknya lebih memprioritaskan strategi â��Optimasi Pelayanan Teknologi Informasiâ�� dibandingkan dengan â��Optimasi Teknologi Informasiâ��.