LEARNING BAYESIAN NETWORK PADA GAME SPORT PINGPONG

Main Authors: Azaria Nurhalim Putra, Prama, Nelly Indriani Widiastuti
Format: Article PeerReviewed
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/30290/1/5.3.2.10.2014-80-85-2089-9033.pdf
http://repository.unikom.ac.id/30290/
http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/learning-bayesian-network.1r
Daftar Isi:
  • Game pingpong adalah salah satu game yang membutuhkan Non-Playable Character atau NPC. NPC yang menjadi musuh dalam permainan pingpong harus dapat memodelkan seorang pemain pingpong yang menerima dan melakukan serangan terhadap seorang player dengan tingkat akurasi atau kesesuaian arah pukulan yang sesuai dengan player. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah metode untuk NPC agar dapat menentukan behaviour sehingga NPC menjadi lebih baik dengan akurasi serangan yang baik. Bayesian Network merupakan salah satu kecerdasan buatan yang digunakan untuk mengatasi hal â�� hal yang bersifat tidak pasti atau uncertainty. setiap node yang ada pada sebuah graph yang merepresentasikan sebuah random variable (variabel acak) , sedangkan edges (garis yang menghubungkan antar node) yang berada diantara node â�� node merepresentasikan probilitas dependensi antara kesesuaian variabel â�� variabel acak[1]. Hasil pengujian implementasi pada game pingpong penggunaan Bayesian Network pada permainan pingpong terbukti efektif membuat NPC memiliki tingkat akurasi pukulan yang tinggi