"Scout Learning" Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pramuka Berbasis Multimedia
Main Author: | Arianto, Asnandar |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/29358/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-asnandarar-35438 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada SMP Nasional yang berlokasi di Jalan Sadang Serang No 17 Bandung. Tetapi untuk mempelajari kepramukaan itu sendiri masih menggunakan metode pembelajaran secara manual dan masih sangat lambat, diantaranya melalui buku pramuka dan harus didampingi oleh pembina untuk menggunakan alat-alat kegiatan pramuka.Sedangkan pembina hanya ada pada saat kegiatan pramuka berlangsung saja. Sementara penyampaian materi harus dilakukan berulang-ulang, dengan menggunakan isi bukunya yang monoton (hitam putih dan gambar diam).Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model prototype. Karena model ini lebih memperhatikan kebutuhan sistem pemakai, secara keseluruhan akan mengacu kepada kepuasan user.Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibuatlah sebuah aplikasi Scout Learning Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pramuka Berbasis Multimedia. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi kepramukaan dan menggunakan materi kepramukaaan dengan menonjolkan objek gambar, suara, animasi yang menarik dan interaktif.