Sistem Informasi Penjualan dan Jasa Service dan Sparepart Pada Bengkel Kencana Motor

Main Author: Maulana Iqbal, Dean
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/29265/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-deanmaulan-35358
Daftar Isi:
  • Sebuah sistem informasi yang handal sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia dalam perusahaan atau organisasi yang akan menghasilkan informasi dengan kualitas. Setelah penelitian yang benar-benar dilakukan di Bengkel Kencana Motor merupakan bengkel motor yang menyediakan jasa servis, jasa boreup, dan penjualan sparepart. Sistem kerja pada bengkel tersebut dirasa belum efektif karena nya pencatatan data transaksi dan penjualan masih menggunakan manual atau catat-mencatat, dan dapatnya terjadi beberapa masalah seperti kehilangan dokumen, pencatatan dalam penghitungan stok masuk dalam gudang. Oleh karena itu analisis terhadap Data yang telah dikumpulkan dengan alat bantu perancangan sistem pada Bengkel Kencana Motor. Untuk mencapai hal tersebut maka digunakan metodologi deskriptif, metode mengumpulkan data dengan metode wawancara dan Observasi,metode pendekata system yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur, metode pengembangan menggunakan waterfall, alat bantu analisis dan perancangan meliputi, flowmap, diagram konteks, data flow diagram (DFD), Entity relationship diagram (ERD) dan Relasi Tabel.Dalam membangun aplikasi sistem informasi penjualan dan jasa ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan untuk database mengguanakan MYSQL. Dan sistem yang hanya diharapkan dapat meningkatkan Bengkel Kencana Motor di masa depan.