Sistem informasi jasa perbaikan AC dan jual beli suku cadang pada Bengkel Jayawijaya AC Mobil

Main Author: Handika Wardiman, Bayu
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/28200/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-bayuhandik-32816
Daftar Isi:
  • Bengkel JayaWijaya merupakan salah satu bengkel yang berada di daerah Buah Batu, tepatnya di Jalan Raja Mantri Kidul N0.17 Buah Batu Bandung. JayaWijaya berdiri sejak tahun 2002 didirikan oleh Bapak Endang Siswanto. Saat ini teknologi berkembang pesat, sangatlah wajar apabila setiap perusahaan sudah menggunakan komputer proses pengolahan datanya. JayaWijaya saat ini tetap bertahan menggunakan proses manual dalam seluruh aktifitas transaksi yang dilakukan, walaupun kendala yang dihadapi setiap harinya bertambah. Penulis saat ini mempunyai kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan teknologi kepada JayaWijaya, dengan kata lain penulis bertujuan membuat sebuah sistem informasi baru supaya pengolahan seluruh aktifitas bengkel menjadi lebih baik dan mempermudah dalam proses pelayanan jasa perbaikan, pembelian hingga penjualan suku cadang. Dalam laporan ini penulis melakukan penelitian pada sistem yang sudah berjalan di JayaWijaya, yang nantinya sistem informasi yang penulis buat akan meliputi pelayanan jasa perbaikan, pembelian suku cadang, penjualan suku cadang, pengaturan insentif mekanik dan juga laporan transaksi. Metode pengembangan menggunakan model prototype dengan bahasa pemrograman Java dan database yang digunakan adalah MySQL. Dengan adanya sistem ini maka segala aktivitas di bengkel jayawijaya ac bisa menjadi lebih cepat dan menjadi lebih efisien karena akan mengurangi kesalahan dalam pencatatan penjualan, pembelian, perbaikan dan insentif mekanik.