Implementasi Algoritma Iterative Deepening A* pada Permainan Marble Solitaire
Main Author: | Kalalo, Felicia |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/28145/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-feliciakal-34341 |
Daftar Isi:
- Permainan marble solitaire adalah permainan single player yang terdiri dari sebuah papan dan sejumlah kelereng. Papan permainan marble solitaire terdiri dari banyak jenis antara lain papan jenis inggris, eropa, triangular dan masih banyak jenis papan permainan marble Solitaire yang lain. Pada permainan asah otak ini mempunyai aturan untuk mengeksekusi beberapa kelereng menjadi satu buah kelereng dengan melewati atau menepati jalur yang tidak terisi oleh kelereng lain. Pemain permainan marble Solitaire terkadang sulit menentukan keputusan langkah yang tepat untuk mencapai goal diakhir permainan. Salah satu algoritma yang dapat diterapkan pada solusi permainan marble solitaire adalah Iterative deepening A*. Iterative deepening A* merupakan pengembangan dari A* dan Depth first search dimana A* dalam Iterative deepening A* sebagai fungsi heuristic yang sering disebut dengan f(n) yang merupakan penentuan urutan titik yang akan dikunjungi terlebih dahulu, dan depth first search yang berfungsi sebagai pencarian node dengan jalur pohon dimana iterasi kedalamannya dibatasi yang digantikan dengan batas nilai f. Oleh karena itu, algoritma Iterative deepening A* disisipkan berupa tombol solusi yang membantu pemain saat pemain kesulitan menentukan langkah. Setelah algoritma Iterative deepening A* diimplementasikan dan di lakukan pengujian terhadap permainan marble solitaire, bahwa algoritma Iterative deepening A* dapat digunakan dalam pencarian dengan menggunakan fungsi rumus heuristic serta dapat di gunakan pada jalur solusi dan fungsi nilai heuristicnya bernilai setiap pada pola A sampai D adalah bernilai 3.